Monday, 29 September 2008

Bahasa VB

Bahasa VB, bahasa apa tuh?

Ya, mungkin teman-teman yang kurang tau (gak tau) tentang programming komputer akan bertanya seperti itu. Soalnya, di sekolah yang ada itu bahasa Arab, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau mungkin ada yang bahasa Jerman.
Bahasa VB (Visual Basic) itu adalah salah satu bahasa komputer (wah…, komputer punya bahasa sendiri ya?!), tepatnya bahasa program. Biasanya programmer VB membuat programnya dengan ini. Maksud programmer VB di sini adalah pembuat program, yang menggunakan Visual Basic (VB). Microsoft Visual Basic 6.0, itu lah nama teman yang kiranya bisa menemani dalam membuat program VB.
Sebelum mengenal Microsoft Visual Basic 6.0, saya sempat bertemu dengan yang namanya Visual Basic Editor.
Mau bertemu dengan Visual Basic Editor juga?
Buka Microsoft Word (tau kan di mana Microsoft Word berada? itu lho, klik kanan, New, Microsoft Word Document, dan setelah terbuka silakan lanjutkan membaca), lalu pilih Tools (yang ada di atas itu lho), pada Tools kita pilih Macro, dan pada Macro kita pilih Visual Basic Editor, atau lebih cepatnya bisa pencet Alt+F11. (penulis menggunakan Microsoft Office Word 2003).
Cukup sampai di sini penjelasan Visual Basic Editor yang menggunakan Microsoft Office Word 2003, soalnya selanjutnya sama dengan Microsoft Visual Basic 6.0 yang akan dilanjutkan dari tulisan ini. (selamat membaca!).
Nah, karena belum mengenal Microsoft Visual Basic 6.0, jadi setelah download Microsoft Visual Basic 6.0 dan kenal, saya gunakan Microsoft Visual Basic 6.0 saja untuk pembelajaran lebih lanjut.

Langsung saja kita ke contoh:
Pada VB (tentunya sudah terbuka dan siap untuk digunakan), pilih UserForm atau Form, maka akan tersedia sebuah Form (bentuk, isian) kosong yang siap untuk kita isi. Coba kita isi dengan CommandBotton yang ada pada ToolBox (kotak peralatan) yang ada di samping Form kita, kalau tidak ada, cari dengan View (yang ada di atas itu lho), dan temukan yang namanya ToolBox. CommandBotton berbentuk segi empat, polos. (nanti ada tulisan CommandBotton yang ngasih tau kalau kita jalankan korsur mouse ke arahnya). Setelah CommandBotton ditemukan, coba deh kita masukkan dia ke Form kita tadi (n’tah diseret atau dibentuk seperti membuat kotak pada Microsoft Word), nanti dia dikasih nama CommandBotton1 atau Command1. Setelah dia masuk di dalam Form1 punya kita tadi, coba diklik dobel (double click) pada CommandBotton1 atau Command1, nanti ada tulisan “Private Sub CommandButton1_Click() - End Sub” atau “Private Sub Command1_Click() - End Sub”. Nah, di situ kita masukkan kode (kode program tentnya), biasanya saya sebut dengan VBS (Visual Basic Script, atau tulisan kode Visual Basic).
Coba deh kita isi dengan kode (script) seperti di bawah ini (bisa dicopy kalo malas nulisnya):
MsgBox "Wah…, belajar VB ya?" & vbCrLf & _
"Kayaknya seru nih!" & vbCrLf & _
"Selamat belajar ya!" & vbCrLf & _
"]*_^[", vbInformation, ".::Warning (Peringatan) dari bekabe.blogspot.com::."

Ingat, letakkan contoh kode tulisan di atas di antara “Private Sub” dan “End Sub”, tepatnya “di atas dari End Sub, dibawah dari Private Sub
Setelah itu, kita pilih Run (yang berada di atas itu lho), dan cari tuisan “Start”, atau “Run Sub/UserForm”, atau lebih cepatnya bisa kita pencet tombol “F5” pada keyboard, dan tinggal klik saja “CommandBotton1 atau Command1”.
“Selamat! Anda telah berhasil membuat sebuah kotak informasi dari VB”
Ya, itu lah yang dapat saya ucapkan ketika Anda telah berhasil membuatnya!
Berhubung saat ini saya bukan programmer (cos, belum bisa bikin program aplikasi, yang exe tuh maunya), jadi hanya itu yang dapat saya bagi. Insya Allah kalau saja sudah jadi programmer VB, akan saya bagikan apa yang saya ketahui tentang membuat program dari VB.



Keep learning guys…!
I believe that you can do it…!



Ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat
Bagiku, ilmu terlalu berat untuk ku pikul sendiri
Karena ku tak tahu sampai kapan perjalananku bisa ku tempuh
Entah esok
Atau lusa
Sehingga ilmu tak berarti lagi di hari itu

3 comments:

Darkzone said...

Halo.
Saya juga sangat suka pemograman,. tapi masih newbie.
BAgi yang ingin belajar pemograman juga bisa
jalan-jalan di blog saya. jgn lupa tinggalkan komentar y.
Gratis download SOURCE CODE

www.DarkZoneProgram.blogspot.com

thx

Riyan_BeKaBe said...

Halo juga.
Yuk kita belajar bersama, saling berbagi ilmu!
Toh ilmu juga takkan habis kalau dibagi, justru tambah banyak!
]*_^[

Anonymous said...

Saya suka pemrograman, tapi saya masih bingung dengan bahasanya, maklum newbie