TOKI - Silabus Pemrograman Kompetitif Dasar
Silabus Pemrograman Kompetitif Dasar
1. Perkenalan
2. Matematika Diskret Dasar
- Aritmetika modular
- Faktor bilangan dan sifatnya
- FPB dan KPK
- Prime generation
- Prinsip inklusi eksklusi
- Pigeon Hole Principle
- Kombinatorik
3. Brute Force
- Konsep
- Teknik umum
- Studi kasus (umum)
4. Divide and Conquer
- Konsep
- Studi kasus: Merge Sort dan QuickSort
5. Greedy
- Konsep
- Studi kasus: Coin Change
- Studi kasus: Activity Selection
6. Dynamic Programming
- Konsep
- Studi kasus: Coin Change
- Studi kasus: Knapsack
- Studi kasus: Matrix Chain Multiplication (diadopsi menjadi Cutting Stick, UVa 10003)
7. Struktur Data Linear
8. Perkenalan Graph
- Konsep
- Jenis dan sifat graph
- Representasi graph
- Graph traversal (Breadth First Search, Depth First Search)
- Graph khusus: tree, directed acyclic graph
9. Struktur Data Non-Linear
- Heap
- Heap Sort
- Disjoint Set
10. Komputasi Geometri Dasar
- Titik
- Garis
- Segmen garis
- Segitiga
- Sudut
- Lingkaran
- Representasi elemen geometri dalam pemrograman
11. Memenangkan Kompetisi
- Tips untuk menghadapi kompetisi sekaligus penutup
Sumber: https://github.com/ia-toki/training-gate-id/blob/master/topik/pemrograman-kompetitif-dasar/SILABUS.md
No comments:
Post a Comment